Home » » Kereta Hyperloop Lebih Cepat Dibandingkan Pesawat Terbang

Kereta Hyperloop Lebih Cepat Dibandingkan Pesawat Terbang

Posted by Berita Dunia on Tuesday, May 2, 2017

berita dunia
Kereta Hyperloop Lebih Cepat Dibandingkan Pesawat Terbang
Beritadunia80.blogspot.com - Amerika Serikat tengah mengembangkan sebuah sistem transportasi canggih. Dengan nama hyperloop, Bentuknya seperti kereta. Hyperloop menggunakan sistim kereta listrik dengan kecepatan bisa mencapai ribuan kilometer per jam.

Hyperloop merupakan sebuah konsep transportasi super cepat yang bisa diimplementasikan di masa depan. Penggagasan adalah CEO perusahaan mobil listrik Tesla serta perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX, Elon Musk.

Infrastruktur hyperloop berupa jalur khusus dengan wujud semacam pipa raksasa sebagai jalur yang di dalamnya mempunyai sebuah kapsul untuk mengangkut penumpang atau kargo. Pipa raksasa dibuat seperti vakum untuk menjadi kunci sehingga kapsul Hyperloop bisa melaju sangat kencang.

Di dalam pipa terdapat kepadatan udara yang sangat tipis untuk meminimalisir gesekan antara kapsul dan udara di dalam pipa tersebut. Menurut Teori, kecepatan Hyperloop bisa menembus kecepatan sampai 1207 km/jam, jauh lebih cepat dari pesawat terbang.

Kapsul di dalam pipa tersebut di desain untuk mengambang dengan menggunakan metode bantalan udara atau dengan teknologi magnetis. Pada dasarnya Hyperloop hampir sama dengan kereta jenis maglev, tetapi karena tidak terhalang oleh tekanan udara, maka kecepatan Hyperloop bisa lebih cepat.

Elon Musk menilai proyek kereta kecepatan tinggi yang digarap di California teknologinya sudah usang dan biayanya mahal. Maka dari itu Elon mengetengahkan konsep Hyperloop dan menggagas perusahaan bernama Hyperloop One. Biaya pembuatan Hyperloop jauh lebih murah dikarenakan pemerintah tidak perlu membeli tanah untuk membangunnya. Konsep Infrastruktur bisa dibangun dengan mendirikan beberapa tiang-tiang di jalan raya, bagian yang lain bisa dibuat di tempat lain dan di gabung-gabungkan.

Elon Musk mengizinkan siapapun boleh membantu pengembangan teknologi Hyperloop, sehingga banyak pakar dan perusahaan baru terlibat mendesain Hyperloop agar menjadi kenyataan. Ada 2 perusahaan yang paling menonjol dalam pembuatan Hyperloop. Pertama adalah Hyperloop One yang dibuat oleh Elon Musk, sedangkan yang kedua adalah Hyperloop Transportation Technologies pembiayaan secara crowdfunding.

Hyperloop One di dukung modal besar telah membangun fasilitas uji coba di Apex Industrial Park di Las Vegas. Hyperloop One sudah mulai melakukan konstruksi uji coba dan mendekati negara Qatar dan Indonesia. Hyperloop Transportation Technologies sedang mengajukan perizinan uji coba di wilayah Kings Country. Jika Perizinannya sudah di setujui, maka mereka akan langsung memulai konstruksi dan berjanji akan menyelesaikan sampai tahun 2018.

Thanks for reading & sharing Berita Dunia

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Cari berita disini